Iklan TV vs Iklan Digital

Posted on 10 Jan 17
Perkembangan dunia digital yang makin pesat saat ini, ternyata tidak saja berimbas pada habit dari para penggunanya. Namun, dirasakan juga oleh para pelaku periklanan. 
Bila kita sedikit kembali ke tahun '80 an hingga '2000 dimana iklan TV begitu booming. Belanja iklan dirasakan luar biasa. Kita biasa disuguhi iklan-iklan yang sangat beragam dan banyak diantaranya sifatnya bisa juga sangat menghibur.

Namun, makin berkembangnya teknologi, mulai dari tahun 2015 digital mulai pelan namun pasti menggeser kedudukan dari Iklan konvensional, dalam hal ini TV. 
Habit para konsumen yang juga sudah berubah, tak lagi duduk manis di depan TV, namun mobilitas tinggi dan akses bisa dari pad dan handphone (android ataupun IOS), makin membuat belanja iklan agak merosot, dan mungkin saja terus merosot hingga tahun 2017 ini. *sumber advisory

Advertising Agency di Indonesia pun saat ini telah menambahkan digital di platform services mereka, sebagai bagian dari pelayanan lengkap kepada setiap klien nya. Pembuatan digital asset pun dirasakan penting dan telah dilakukan oleh sebagian brand dari beragam perusahaan multinasional sebagai bentuk strategi bertemu dengan konsumen nya melalui media digital. 

Kelebihan dari digital yang dirasakan, salah satunya adalah lebih tepat "SASARAN"  sehingga pesan yang ingin disampaikan lebih spesifik dan diterima oleh target yang tepat, bukan lagi bersifat massive.

Namun, jika ditanya mana yang lebih memiliki dampak daya beli dari para konsumen Indonesia, apakah gerak beli merupakan dari "action" setelah melihat iklan di TV yang sangat menarik, ataukah konsumen saat ini justru lebih tertarik untuk membeli setelah melihat iklan yang ditonton via media digital, apakah saat menonton youtube di handphone ataupun di pad nya? 

Beberapa survey yang dilakukan lembaga periklanan di Indonesia menginformasikan bahwa dengan iklan digital belum tentu dapat menjadi faktor penggerak pembelian di market. Kepercayaan para konsumen tidak saja dibangun melalui 1 channel digital saja. Sehingga para klien pun mulai men-strategi kan proses promotion dan periklanan ke platform digital yang makin luas, yakni hingga ke mobile phone juga apps. 

Dengan demikian, pemilihan digital sebagai platform yang sedang unggul saat ini makin diperhitungkan oleh klien dan dirasakan penunjang yang tepat untuk sampai kepada khalayak sasarannya dengan mudah.





A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: Module 'mysqli' already loaded

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: